Fotografer Ed Karaev sedang bersantai di kursi di depan panggung Monterey Festival. Di atas panggung, sebuah band bernama Jimi Hendrix Experience membuat debut panggung besar. Sampai saat itu, gitaris dan vokalis band Hendrix menuangkan butana pada gitar dan menyalakannya. Karaev, yang masih berusia 17 tahun, bergerak cepat dan merasa ini adalah momen yang penting. Klik dan klik dan klik dan foto yang diambilnya segera. Gambar akan ditampilkan setelah dicetak. Hendrix mengenakan celana panjang merah, gaun ruffle lengan panjang, dan rompi hitam.

Foto ini kemudian muncul sebagai gambar sampul majalah Rolling Stone dan menjadi salah satu foto paling penting dan paling ikonik dalam sejarah rock and roll. “Tidak ada yang bisa memainkan Hendrix lagi. Anda tidak akan pernah melihat momen seperti itu lagi, ”kata Karaev kepada CNN. Pada 2012, gitar yang terbakar dijual di lelang seharga $ 380.000. Setelah koleksi lima tahun, pemilik sebelumnya memutuskan untuk menjual gitar bersejarah. Agen lelang Heritage Auctions bertanggung jawab untuk memproses penjualan. Mereka menetapkan harga awal $ 500.000 dan ingin harga mencapai setidaknya $ 750.000. Jimi Hendrix adalah pria yang luar biasa. Ia dilahirkan pada 27 November 1942 di Seattle, Washington. Hari ini 75 tahun yang lalu. Lahir dengan akta kelahiran yang ditulis sebagai Johnny Allen Hendrix, ia kemudian mengubah namanya menjadi James Marshall Hendrix. Dia telah dinominasikan sebagai gitaris terhebat sepanjang masa dan telah menciptakan riff monumental.

Hendrix membeli gitar pertamanya ketika dia berusia 15 tahun. Ketika saya masih di sekolah dasar, saya menunggu sebentar dan mengubah sapu saya menjadi gitar imajiner. Dia tumbuh dengan blues. Dengarkan B.B. King, Maddy Waters dan, tentu saja, Robert Johnson. Bodoh, musik tidak bisa melindunginya dari kenakalan bocah itu. Dia ditangkap dua kali di dalam mobil curian. Menurut polisi, Hendrix dipenjara satu hari setelah ditangkap dalam insiden pertama. Empat hari setelah dibebaskan, Hendrix ditangkap lagi dengan mobil curian. Dia kembali ke penjara selama 8 hari di penjara anak laki-laki. Ruangan penuh cermin: biografi Jimi Hendrix (2005) menyatakan bahwa jika terbukti bersalah, Hendrix mungkin menghadapi penjara lima tahun. Tawaran jaksa: Bergabung dengan penjara atau tentara. Bagi pria dengan imajinasi liar seperti Hendrix, penjara lebih buruk daripada kesempatan ditembak. Dia memilih untuk bergabung dengan tentara.

Baca Juga : Konser Musik Dave Mustaine Dedikasikan Untuk Para Penderita Kanker

Serdadu Nakal yang Dipaksa Keluar

31 Mei 1961. Hendricks tiba di Fort Ord, California dan memulai pelatihan dasar militer. Ketika mendaftar, dia memilih posisinya sebagai juru tulis dan diminta untuk menugaskannya ke Sky 101 101. Dia berpendapat bahwa dia tertarik untuk berpartisipasi sebagai penerjun payung karena bonus bulanan $ 55. Hendricks terus bermain gitar di Pangkalan Angkatan Udara Kentucky. Ayah saya mengirimnya dari rumah. Dia kemudian berkenalan dengan Billy Cox, yang menjadi mitra Hendrix dengan Band of Gypsys dan Cry of Love. Setelah itu, lakukan secara rutin setiap akhir pekan. Hendrix tidak betah di militer. Dia pernah berkata, “Aku benci kehidupan militer.” Namun, dia melanjutkan pelatihan sebagai penerjun payung dalam waktu delapan bulan. Beberapa bos mulai mengkritik sikapnya yang keras kepala dan sulit diatur.

Itu adalah sersan unit James C. Spears yang mengeluh. Keluhannya ditulis dalam “Becoming Jimi Hendrix: Southern Crossroads dari Psychedelic London, The Untold Story of Musical Genius (2010)”. “Hendrix tidak tertarik atau tertarik pada tentara. Saya pikir bahwa Hendrix yang terdaftar tidak pernah dapat memenuhi standar prajurit. Tentara akan mendapat manfaat jika dia diberhentikan sesegera mungkin, ”kata Spears. Menariknya, Kapten Gilbert Batchman menambahkan catatan “kenakalan” untuk membantu Hendricks memecat. Terutama kenakalan: tidak keberatan dengan aturan, masturbasi di area militer. Akhirnya, pada tanggal 29 Juni 1962, Hendrix diberhentikan dengan hormat. Dunia musik sangat bergantung pada keras kepala Hendrix dan kemurahan hati tentara – mungkin lebih keras kepala untuk menempatkannya di zona perang daripada mendidiknya atau melepaskannya. Kalau tidak, kita semua kalah. Anda tidak dapat menikmati musik yang dibuat oleh gitaris kidal ini.

Lahirnya Sang Legenda

Setelah perjalanan singkat antara Cox dan Tennessee, Hendrix merekam lagu “Testify” pada label Isley Brothers. Tetapi gagal. Hendrix juga menjadi gitaris untuk Little Richards untuk waktu yang singkat. Band Chas Chandler dari The Animals membawanya ke London untuk bertemu dua musisi Inggris Noel Redding dan drummer Mitch Mitchell. Trio ini kemudian diintegrasikan ke dalam pengalaman Jimi Hendrix. Biasanya disingkat sebagai pengalaman. Chandler memainkan peran utama dalam karier Hendrix. Chandler membawanya ke Inggris, kemudian menjadi manajernya, dan memiliki gagasan untuk mengubah nama Jimmy menjadi Jimi.

Bersama dengan The Experience, Hendrix tampaknya menjadi dewa gitar baru. Lagu ini adalah campuran dari distorsi kebisingan dan keanggunan blues. Dalam hal pemilihan, Anda mungkin tidak perlu menganggap Hendrix dengan serius. Tapi untuk gitar, dia tentu saja master. Album pertamanya, Are You Experienced (1967), menghasilkan banyak hits dengan bermain gitar yang patut diingat. “Api” adalah aspek ledakan, “Manic Depression” adalah telinga yang mengesankan, “Heijo” adalah intro yang mengingatkan Anda tentang seorang pria fisik dengan senjata, dan kemudian menjadi prototipe “Little Wing” “Wind Cry Mary”.

Pengalaman merilis dua album pada tahun 1967. Axis: Bold as Love dirilis sebagai album kedua. “Bold as Love” menunjukkan sisi pop Hendrix. Pilihan riff dan memilih gitar menghasilkan lagu yang digunakan berkali-kali kemudian, termasuk oleh John Mayer. Dan jangan lupa bahwa “Little Wing” akan menjadi salah satu lagu blues paling terkenal di dunia. Ia menjadi “lagu kebangsaan” bagi gitaris yang ingin menunjukkan keterampilan jari mereka. Sejarah pengalaman disimpulkan oleh Electric Ladyland (1968). Album ini adalah lagu legendaris “Voodoo Chile” (atau “Voodoo Child (Slight Return)”, yang menunjukkan bahwa Hendrix sering lupa gelarnya untuk membingungkan banyak orang), Menciptakan “Crosstown Traffic” yang mengingatkan Anda pada New York yang berisik — atau Jakarta terserah Anda.

Hall of Fame Rock and Roll menyebut Hendrix “pemain instrumen terbaik dalam sejarah musik rock.” Ini adalah mikrokosmos yang keren dan keren. Teknik mengunyah tali dengan gigi bukanlah ciptaannya, tetapi teknik ini sangat mengagumkan sehingga membuat orang mengalihkan perhatian ketika Hendricks melakukannya. Sebagai gitaris, Hendrix dikenal karena bermain di luar genggaman. Salah satunya mendorong senar keenam dengan ibu jarinya seperti yang dia lakukan di intro “Little Wing”. Penulis Richie Unterberger menyatakan bahwa Hendrix memiliki kemampuan untuk bermain gitar sebagai solois dan rhythmist. Hendrix juga diiklankan sebagai gitaris yang mempopulerkan efek wah-wah dalam musik rock. Hendrix memiliki karier yang sangat singkat. Tetapi selama periode itu, Hendrix mampu membuat tiga album yang sukses dan beberapa pertunjukan hebat. Orang-orang mengingatnya dari Monterey Pop Festival hingga Woodstock 1969 yang bersejarah. Ketika Hendricks meninggal pada usia 27 tahun pada tanggal 18 September 1970, pecinta rock di seluruh dunia setuju. Musik rock tidak akan pernah sama lagi.